Struktur Kurikulum Paradigma Baru dan Perubahan Kegiatan di PAUD usia 5-6 Tahun
Sobat guu bunda dan ayahanda di
PAUD, berikut ini informasi tentang arah perubahan struktur kurikulum dan
kegiatan pesera didik di PAUD untuk usia 5 sampai 6 tahun dalam Penguatan
kegiatan bermain-belajar dan kegiatan berbasis buku bacaan anak.
Pada Kurikulum 2013, sebagaimana
kita ketahui durasi pembelajaran dalam setiap minggunya untuk jenjang
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah Per minggu 900 menit yang terbagi dalam
beberapa hari, ada yang menggunakan pola 5 hari dan ada juga yang menggunakan
pola 6 hari, bahkan dibeberapa daerah dipadatkan menjadi 3-4 hari saja.
Masih mengacu pada K13, pola
penilaian atau Asesmen merujuk pada STPPA dan setiap penilaian atau Asesmen
harian perlu dilaporkan melalui laporan perkembangan peserta didik dengan cara
di centang apakah sudah muncul atau belum muncul atau berkembang sangat baik.
Pada bagian Pendekatan
pembelajaran yang diterapkan adalah konsep pembelajaran berbasis tema atau
sentra yang sudah diatur dan dipisahkan setia sesi dan harinya.
Pembelajaran calistung yang
merupakan konsep perbedaan dengan TK dan RA yang diajarkan merupakan kegiatan yang
dipersepsi sebagai kegiatan drilling (schoolification) atau latihan secara
terus menerus dan berkesinambungan.
Adapun arah perubahan pembelajaran
yang diharapkan dilakukan oleg pengelola lembaga Pendidikan Anak Usia Dini atau
PAUD adalah adanya penambahan durasi waktu, dari 900 menit Per minggu menjadi 1050
menit, mengapa hal ini perlu ditambah, karena aka nada sedikit peningkatan dan
perubahan dalam pola pembelajaran dan target capaian pembelajarannya.
Jika dulunya penilaian hanya
merujuk pada STPPA atau tumbuh kembang anak maka pada arah perubahan ini
penilaia atau Asesmen diharapkan merujuk pada Capaian Pembelajaran (CP) yang
sudah ditentukan oleh pemerintah atau dalam Bahasa lain Kompetensi Dasar dan
Kompetensi Inti yang harus dicapai.
Beban guru untuk selalu melakukan
penilaian harian dan membuat laporannya setiap hari, kini ditiadakan, hanya
diambil nilainya untuk diketahi guru namun untuk penilaiannya atau Asesmen yang
dilaporkan cukup asesmen semester, yakni asesmen semester ganjil dan genap.
Perubahan yang cukup mendasar
lainnya adalah pada pendekatan konsep pembelajaran dimana arah perubahannya
terletak pada pendekatan pembelajaran berbasis literasi (buku bacaan anak dan
bahan teks lainnya) sehingga diharapkan peserta didik di PAUD mulai
diperkenalkan budaya baca dan cara membaca buku yang benar buka hanya sebatas
latihan membaca.
Selain itu program membaca juga
digabungkan atau dilakukan pengintegrasian untuk persiapan literasi dan
numerasi ke dalam Capaian Pembelajaran melalui kegiatan bermain-belajar, hal
inilah yang menyebabkan perubahan jumlah jam dari 900 menit per minggu menjadi
1050 Menit Per minggunya
Demikianlah gambaran ringkas
perbedaan dan perubahan struktur kurikulum dana rah perubahannya pada kurikulum
paradigm baru untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini.
Posting Komentar untuk "Struktur Kurikulum Paradigma Baru dan Perubahan Kegiatan di PAUD usia 5-6 Tahun"
Silakan berkomentar dengan santun