Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Kurikulum Paradigma Baru dan Perubahan Kegiatan di PAUD usia 5-6 Tahun

Struktur Kurikulum Paradigma Baru dan Perubahan Kegiatan di PAUD usia 5-6 Tahun

Sobat guu bunda dan ayahanda di PAUD, berikut ini informasi tentang arah perubahan struktur kurikulum dan kegiatan pesera didik di PAUD untuk usia 5 sampai 6 tahun dalam Penguatan kegiatan bermain-belajar dan kegiatan berbasis buku bacaan anak.

Pada Kurikulum 2013, sebagaimana kita ketahui durasi pembelajaran dalam setiap minggunya untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah Per minggu 900 menit yang terbagi dalam beberapa hari, ada yang menggunakan pola 5 hari dan ada juga yang menggunakan pola 6 hari, bahkan dibeberapa daerah dipadatkan menjadi 3-4 hari saja.

Masih mengacu pada K13, pola penilaian atau Asesmen merujuk pada STPPA dan setiap penilaian atau Asesmen harian perlu dilaporkan melalui laporan perkembangan peserta didik dengan cara di centang apakah sudah muncul atau belum muncul atau berkembang sangat baik.

Pada bagian Pendekatan pembelajaran yang diterapkan adalah konsep pembelajaran berbasis tema atau sentra yang sudah diatur dan dipisahkan setia sesi dan harinya.

Pembelajaran calistung yang merupakan konsep perbedaan dengan TK dan RA yang diajarkan merupakan kegiatan yang dipersepsi sebagai kegiatan drilling (schoolification) atau latihan secara terus menerus dan berkesinambungan.

Adapun arah perubahan pembelajaran yang diharapkan dilakukan oleg pengelola lembaga Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD adalah adanya penambahan durasi waktu, dari 900 menit Per minggu menjadi 1050 menit, mengapa hal ini perlu ditambah, karena aka nada sedikit peningkatan dan perubahan dalam pola pembelajaran dan target capaian pembelajarannya.

Jika dulunya penilaian hanya merujuk pada STPPA atau tumbuh kembang anak maka pada arah perubahan ini penilaia atau Asesmen diharapkan merujuk pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah ditentukan oleh pemerintah atau dalam Bahasa lain Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti yang harus dicapai.

Beban guru untuk selalu melakukan penilaian harian dan membuat laporannya setiap hari, kini ditiadakan, hanya diambil nilainya untuk diketahi guru namun untuk penilaiannya atau Asesmen yang dilaporkan cukup asesmen semester, yakni asesmen semester ganjil dan genap.

Perubahan yang cukup mendasar lainnya adalah pada pendekatan konsep pembelajaran dimana arah perubahannya terletak pada pendekatan pembelajaran berbasis literasi (buku bacaan anak dan bahan teks lainnya) sehingga diharapkan peserta didik di PAUD mulai diperkenalkan budaya baca dan cara membaca buku yang benar buka hanya sebatas latihan membaca.

Selain itu program membaca juga digabungkan atau dilakukan pengintegrasian untuk persiapan literasi dan numerasi ke dalam Capaian Pembelajaran melalui kegiatan bermain-belajar, hal inilah yang menyebabkan perubahan jumlah jam dari 900 menit per minggu menjadi 1050 Menit Per minggunya

Demikianlah gambaran ringkas perbedaan dan perubahan struktur kurikulum dana rah perubahannya pada kurikulum paradigm baru untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini.

Posting Komentar untuk "Struktur Kurikulum Paradigma Baru dan Perubahan Kegiatan di PAUD usia 5-6 Tahun"