Struktur Kurikulum Paradigma Baru dan Perubahan Mata pelajaran SMA/MA Kelas 10,11, dan 12 Lengkap
Inilah Sruktur kurikulum dan perubahan mata pelajaran pada kurikulum paradigm baru pada jenjang SMA/MA kelas 10, 11 dan 12 dari kurikulum 2013 Siswa langsung masuk dalam program peminatan (IPA, IPS, atau Bahasa & Budaya) dan Tidak ada mata pelajaran IPA dan IPS. Mata pelajaran langsung spesifik pada Fisika, Kimia, Geografi,Ekonomi, dsb menuju arah perubahan Belum ada peminatan, siswa mengambil semua mata pelajaran wajib Di kelas 10 siswa menyiapkan diri untuk menentukan pilihan mata pelajaran di kelas 11. Siswa perlu berkonsultasi dengan guru BK, wali kelas, dan orang tua.
Mata pelajaran kelompok IPA dan IPS terdiri dari:
1. IPA: Fisika, Kimia, Biologi (6JP)/minggu
2. IPS: Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi (8JP/minggu)
Sekolah dapat menentukan pengorganisasian IPA dan IPS
berdasarkan sumberdaya yang tersedia, yaitu dengan memilih:
a. Sistem blok - team teaching dalam perencanaan namun guru
Fisika, Kimia, Biologi mengajar bergantian
b. Sebagai mata pelajaran berdiri sendiri-sendiri
c. Terintegrasi - team teaching dalam perencanaan dan
pembelajaran
Setiap tengah dan akhir semester ada unit inkuiri yang
mengintegrasikan mapel-mapel dalam masing-masing IPA dan IPS
Siswa menulis esai sebagai salah satu syarat kelulusan.
Partisipasi dalam berbagai kegiatan pembelajaran diharapkan memberi inspirasi
terkait topik yang dipilih
Alokasi waktu mata pelajaran SMA Kelas 10 Asumsi 1 Tahun = 36 minggu
Seperti halnya di SMP, di kelas 10 SMA:
● IPA terdiri dari Fisika, Kimia, dan Biologi;
● IPS terdiri dari Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, dan Geografi,
Sejarah Indonesia dan Sejarah Dunia digabung menjadi “Sejarah” Minimal 25% jam
pelajaran dari setiap mata pelajaran wajib dialokasikan untuk projek kokurikuler
**Pembelajaran reguler tidak penuh 36 minggu untuk memenuhi
alokasi projek (hanya 27 minggu)
Paduan antara peminatan dan perkembangan holistik. Pada Kurikulum
2013 Pilihan program peminatan (sejak kelas 10) Siswa yang masuk ke dalam suatu
program cenderung hanya akan mempelajari disiplin ilmu tersebut saja.
Kesempatan untuk eksplorasi disiplin ilmu yang lain semakin sempit.
Siswa perlu mengambil keputusan tentang studi di perguruan
tinggi sejak lulus SMP, dan kajian menunjukkan bahwa banyak diantara mereka
yang merasa salah jurusan Terjadi stratifikasi program, di mana IPA dianggap
lebih baik daripada yang lain, dan kesempatan untuk masuk ke berbagai program
studi di perguruan tinggi lebih besar untuk lulusan program IPA dan Angka siswa
masuk perguruan tinggi masih rendah, adapun Arah perubahan pembelajaran Siswa
memilih mata pelajaran dari kelompok pilihan Siswa memilih mata pelajaran dari
minimum 2 kelompok pilihan hingga syarat minimum jam pelajaran terpenuhi (total
JP: 40/minggu; JP untuk mapel pilihan: 22 JP/minggu)
Ada 5 kelompok mata pelajaran yang direkomendasikan, yaitu:
● MIPA: Matematika peminatan, Fisika, Kimia, Biologi,
Informatika
● IPS: Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Antropologi
● Bahasa dan Budaya: Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan
Sastra Inggris, Bahasa Asing lainnya
● Vokasi/Karya Kreatif: Budidaya, Rekayasa, dsb.
● Seni dan Olahraga* (khusus untuk sekolah-sekolah yang
ditetapkan pemerintah)
Sekolah membuka minimum 2 kelompok mata pelajaran. Apabila
sumberdaya memungkinkan, sekolah dapat membuka lebih dari dua kelompok Sekolah
dapat bekerja sama dengan pemangku kepentingan setempat untuk mengembangkan CP
mata pelajaran Vokasi
Total jp/minggu = 44 22 jp dialokasikan untuk mapel pilihan
dari kelompok IPA, IPS, Bahasa dan Budaya, dan Vokasi Hanya mapel kelompok umum
(highlighted hijau dalam tabel) yang diintegrasikan dengan projek kokurikuler
*Pilih salah satu
**Pembelajaran reguler tidak penuh 36 minggu untuk memenuhi
alokasi projek (hanya 27 minggu)
***Diselenggarakan bila Satuan Pendidikan memiliki sumberdaya
yang mencukupi. Jika sekolah membuka kelompok ini, siswa wajib mengambil minimal
1 mapel dari tiap kelompok
****opsional. Satuan Pendidikan dapat mengintegrasikan muatan
lokal dalam mapel lain atau diajarkan melalui kegiatan projek.
Posting Komentar untuk "Struktur Kurikulum Paradigma Baru dan Perubahan Mata pelajaran SMA/MA Kelas 10,11, dan 12 Lengkap"
Silakan berkomentar dengan santun