Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Kurikulum Paradigma Baru 2022 PAUD, SD, SMP, dan SMA Lengkap

 Struktur Kurikulum Paradigma Baru PAUD, SD, SMP, dan SMA

Penting bagi guru untuk mengetahui struktur kurikulum pada kurikulum paradigm baru  yang rencananya akan diterapkan pada tahun 2022, untuk mengetahui perbedaan dari kurikulum 2013 arah perubahan barunya. Berikut ini adalah perbedaan sekaligus penjelasan struktur kurikulum 2013 dan arah perubahan yang akan diterapkan pada kurikulum paradigm baru mulai daru tingkat PAUD, SD, SMP dan SMA.

STRUKTUR KURIKULUM PAUD

PAUD (5-6 tahun) Penguatan kegiatan bermain-belajar dan kegiatan berbasis buku bacaan anak.

Kurikulum 2013

● Per minggu 900 menit

● Asesmen merujuk pada STPPA

● Asesmen harian perlu dilaporkan

● Pendekatan pembelajaran berbasis tema

● Pembelajaran calistung yang dipersepsi sebagai kegiatan drilling (schoolification)

Arah Perubahan Kurikulum

● Per minggu 1050 menit

● Asesmen merujuk pada Capaian Pembelajaran (CP)

● Asesmen yang dilaporkan cukup asesmensemester

● Pendekatan pembelajaran berbasis literasi (bukubacaan anak dan bahan teks lainnya)

● Pengintegrasian persiapan literasi dan numerasi ke dalam CP melalui kegiatan bermain-belajar

STRUKTUR KURIKULUM SD

Perbandingan dan arah perubahan dari Kurikulum sebelumnya sebagai berikut:

Kurikulum 2013

IPA dan IPS sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri-sendiri

Pendekatan tematik

Arah perubahan pembelajaran

IPA dan IPS digabung menjadi IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) sebagai fondasi sebelum anak belajar IPA dan IPS terpisah di jenjang SMP Pendekatan pengorganisasian muatan pelajaran (berbasis mata pelajaran, tematik, dsb.) merupakan kewenangan satuan pendidikan Sekolah boleh tetap menggunakan tematik ataupun beralih ke pendekatan berbasis mata pelajaran

STRUKTUR KURIKULUM SMP

Perbandingan dan arah perubahan dari Kurikulum SMP sebelumnya sebagai berikut:

Kurikulum 2013

Informatika sebagai mata pelajaran pilihan

- Pertimbangan ketersediaan guru

Arah perubahan pembelajaran

Informatika sebagai mata pelajaran wajib

- Guru yang mengajar tidak harus memiliki latar belakang pendidikan informatika. Buku guru disiapkan untuk membantu guru-guru “pemula” dalam mata pelajaran ini

STRUKTUR KURIKULUM SMA

Beberapa perubahan terkait struktur mata pelajaran SMA Kelas 10.

Kurikulum 2013

Siswa langsung masuk dalam program peminatan (IPA, IPS, atau Bahasa & Budaya)

Tidak ada mata pelajaran IPA dan IPS. Mata pelajaran langsung spesifik pada Fisika, Kimia, Geografi, Ekonomi, dsb.

Arah perubahan pembelajaran

Belum ada peminatan, siswa mengambil semua mata pelajaran wajib Di kelas 10 siswa menyiapkan diri untuk menentukan pilihan mata pelajaran di kelas 11. Siswa perlu berkonsultasi dengan guru BK, wali kelas, dan orang tua.

Mata pelajaran kelompok IPA dan IPS terdiri dari:

1. IPA: Fisika, Kimia, Biologi (6JP)/minggu

2. IPS: Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi (8JP/minggu)

Sekolah dapat menentukan pengorganisasian IPA dan IPS berdasarkan sumberdaya yang tersedia, yaitu dengan memilih:

a. Sistem blok - team teaching dalam perencanaan namun guru Fisika, Kimia, Biologi mengajar bergantian

b. Sebagai mata pelajaran berdiri sendiri-sendiri

c. Terintegrasi - team teaching dalam perencanaan dan pembelajaran

Setiap tengah dan akhir semester ada unit inkuiri yang mengintegrasikan mapel-mapel dalam masing-masing IPA dan IPS

Siswa menulis esai sebagai salah satu syarat kelulusan. Partisipasi dalam berbagai kegiatan pembelajaran diharapkan memberi inspirasi terkait topik yang dipilih.

Paduan antara peminatan dan perkembangan holistic Kelas 11 dan 12

Kurikulum 2013

Pilihan program peminatan (sejak kelas 10)

Siswa yang masuk ke dalam suatu program cenderung hanya akan mempelajari disiplin ilmu tersebut saja. Kesempatan untuk eksplorasi disiplin ilmu yang lain semakin sempit.

Siswa perlu mengambil keputusan tentang studi di perguruan tinggi sejak lulus SMP, dan kajian menunjukkan bahwa banyak diantara mereka yang merasa salah jurusan Terjadi stratifikasi program, di mana IPA dianggap lebih baik daripada yang lain, dan kesempatan untuk masuk ke berbagai program studi di perguruan tinggi lebih besar untuk lulusan program IPA Angka siswa masuk perguruan tinggi masih rendah

Arah perubahan pembelajaran

Siswa memilih mata pelajaran dari kelompok pilihan

Siswa memilih mata pelajaran dari minimum 2 kelompok pilihan hingga syarat minimum jam pelajaran terpenuhi (total JP: 40/minggu; JP untuk mapel pilihan:22 JP/minggu)

Ada 5 kelompok mata pelajaran yang direkomendasikan, yaitu:

● MIPA: Matematika peminatan, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika

● IPS: Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Antropologi

● Bahasa dan Budaya: Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra
Inggris, Bahasa Asing lainnya

● Vokasi/Karya Kreatif: Budidaya, Rekayasa, dsb.

● Seni dan Olahraga* (khusus untuk sekolah-sekolah yang ditetapkanpemerintah)

Sekolah membuka minimum 2 kelompok mata pelajaran. Apabila sumberdaya memungkinkan, sekolah dapat membuka lebih dari dua kelompok Sekolah dapat bekerja sama dengan pemangku kepentingan setempat untuk mengembangkan CP mata pelajaran Vokasi.

Demikianlah artikel tentang struktur perubahan kurikulum dari Kurikulum 2013 menuju arah perubahan pada kurikulum paradigma baru pada struktur kurikulum PAUD, SD, SMP, dan SMA semoga dengan mengetahui bagian inti dan perbandingan ini meudahkan guru dan sekolah dalam memahami arah perubahan struktur kurikulum semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Struktur Kurikulum Paradigma Baru 2022 PAUD, SD, SMP, dan SMA Lengkap"