Struktur Kurikulum Paradigma Baru 2022 PAUD, SD, SMP, dan SMA Lengkap
Penting bagi guru untuk mengetahui struktur kurikulum pada
kurikulum paradigm baru yang rencananya
akan diterapkan pada tahun 2022, untuk mengetahui perbedaan dari kurikulum 2013
arah perubahan barunya. Berikut ini adalah perbedaan sekaligus penjelasan
struktur kurikulum 2013 dan arah perubahan yang akan diterapkan pada kurikulum paradigm
baru mulai daru tingkat PAUD, SD, SMP dan SMA.
STRUKTUR KURIKULUM PAUD
PAUD (5-6 tahun) Penguatan kegiatan bermain-belajar dan kegiatan berbasis buku bacaan anak.
Kurikulum 2013
● Per minggu 900 menit
● Asesmen merujuk pada STPPA
● Asesmen harian perlu dilaporkan
● Pendekatan pembelajaran berbasis tema
● Pembelajaran calistung yang dipersepsi sebagai kegiatan drilling
(schoolification)
Arah Perubahan Kurikulum
● Per minggu 1050 menit
● Asesmen merujuk pada Capaian Pembelajaran (CP)
● Asesmen yang dilaporkan cukup asesmensemester
● Pendekatan pembelajaran berbasis literasi (bukubacaan anak dan
bahan teks lainnya)
● Pengintegrasian persiapan literasi dan numerasi ke dalam CP
melalui kegiatan bermain-belajar
STRUKTUR KURIKULUM SD
Perbandingan dan arah perubahan dari Kurikulum sebelumnya sebagai
berikut:
Kurikulum 2013
IPA dan IPS sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri-sendiri
Pendekatan tematik
Arah perubahan pembelajaran
IPA dan IPS digabung menjadi IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan
Sosial) sebagai fondasi sebelum anak belajar IPA dan IPS terpisah di jenjang
SMP Pendekatan pengorganisasian muatan pelajaran (berbasis mata pelajaran,
tematik, dsb.) merupakan kewenangan satuan pendidikan Sekolah boleh tetap
menggunakan tematik ataupun beralih ke pendekatan berbasis mata pelajaran
STRUKTUR KURIKULUM SMP
Perbandingan dan arah perubahan dari Kurikulum SMP sebelumnya
sebagai berikut:
Kurikulum 2013
Informatika sebagai mata pelajaran pilihan
- Pertimbangan ketersediaan guru
Arah perubahan pembelajaran
Informatika sebagai mata pelajaran wajib
- Guru yang mengajar tidak harus memiliki latar belakang pendidikan
informatika. Buku guru disiapkan untuk membantu guru-guru “pemula” dalam mata
pelajaran ini
STRUKTUR KURIKULUM SMA
Beberapa
perubahan terkait struktur mata pelajaran SMA Kelas 10.
Kurikulum 2013
Siswa langsung masuk dalam program peminatan (IPA, IPS, atau Bahasa
& Budaya)
Tidak ada mata pelajaran IPA dan IPS. Mata pelajaran langsung
spesifik pada Fisika, Kimia, Geografi, Ekonomi, dsb.
Arah perubahan pembelajaran
Belum ada peminatan, siswa mengambil semua mata pelajaran wajib Di
kelas 10 siswa menyiapkan diri untuk menentukan pilihan mata pelajaran di kelas
11. Siswa perlu berkonsultasi dengan guru BK, wali kelas, dan orang tua.
Mata pelajaran kelompok IPA dan IPS terdiri dari:
1. IPA: Fisika, Kimia, Biologi (6JP)/minggu
2. IPS: Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi (8JP/minggu)
Sekolah dapat menentukan pengorganisasian IPA dan IPS berdasarkan
sumberdaya yang tersedia, yaitu dengan memilih:
a. Sistem blok - team teaching dalam perencanaan namun guru Fisika,
Kimia, Biologi mengajar bergantian
b. Sebagai mata pelajaran berdiri sendiri-sendiri
c. Terintegrasi - team teaching dalam perencanaan dan pembelajaran
Setiap tengah dan akhir semester ada unit inkuiri yang
mengintegrasikan mapel-mapel dalam masing-masing IPA dan IPS
Siswa menulis esai sebagai salah satu syarat kelulusan. Partisipasi dalam berbagai kegiatan pembelajaran diharapkan memberi inspirasi terkait topik yang dipilih.
Paduan antara
peminatan dan perkembangan holistic Kelas 11 dan 12
Kurikulum
2013
Pilihan program peminatan (sejak kelas 10)
Siswa
yang masuk ke dalam suatu program cenderung hanya akan mempelajari disiplin
ilmu tersebut saja. Kesempatan untuk eksplorasi disiplin ilmu yang lain semakin
sempit.
Siswa
perlu mengambil keputusan tentang studi di perguruan tinggi sejak lulus SMP,
dan kajian menunjukkan bahwa banyak diantara mereka yang merasa salah jurusan Terjadi
stratifikasi program, di mana IPA dianggap lebih baik daripada yang lain, dan
kesempatan untuk masuk ke berbagai program studi di perguruan tinggi lebih
besar untuk lulusan program IPA Angka siswa masuk perguruan tinggi masih rendah
Arah perubahan pembelajaran
Siswa memilih mata pelajaran dari kelompok pilihan
Siswa memilih mata pelajaran dari minimum 2 kelompok pilihan hingga syarat minimum jam pelajaran terpenuhi (total JP: 40/minggu; JP untuk mapel pilihan:22 JP/minggu)
Ada 5 kelompok mata pelajaran yang direkomendasikan, yaitu:
● MIPA:
Matematika peminatan, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika
● IPS:
Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Antropologi
● Bahasa
dan Budaya: Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra
Inggris, Bahasa Asing lainnya
● Vokasi/Karya
Kreatif: Budidaya, Rekayasa, dsb.
● Seni
dan Olahraga* (khusus untuk sekolah-sekolah yang ditetapkanpemerintah)
Sekolah membuka minimum 2 kelompok mata pelajaran. Apabila sumberdaya memungkinkan,
sekolah dapat membuka lebih dari dua kelompok Sekolah dapat bekerja sama dengan
pemangku kepentingan setempat untuk mengembangkan CP mata pelajaran Vokasi.
Demikianlah artikel tentang struktur perubahan kurikulum dari Kurikulum 2013 menuju arah perubahan pada kurikulum paradigma baru pada struktur kurikulum PAUD, SD, SMP, dan SMA semoga dengan mengetahui bagian inti dan perbandingan ini meudahkan guru dan sekolah dalam memahami arah perubahan struktur kurikulum semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Struktur Kurikulum Paradigma Baru 2022 PAUD, SD, SMP, dan SMA Lengkap"
Silakan berkomentar dengan santun